Minggu, 29 Juli 2012

Lima Panduan Olahraga Agar Tak Cedera

olahragaTidak mengerti aturan olahraga dengan baik rentan menyebabkan cedera layaknya bengkak, memar, dan nyeri. walau terkesan remeh, dampak cedera dapat amat mengganggu kegiatan anda sehari-hari.

ingat, tujuan utama olahraga yaitu membuat tubuh lebih bugar dan sehat. jadi, janganlah remehkan perihal sekecil apapun untuk menghindar cedera waktu berolahraga. tersebut lebih dari satu tips olahraga sehat, layaknya dikutip fitsugar. com.

1. janganlah terburu-buru waktu lakukan pemanasan
mereka yang menyukai olahraga umumnya amat bersemangat, hingga tidak jarang meremehkan pemanasan. mereka kerapkali terburu-buru lakukan pemanasan dan langsung lakukan kardio yang intens. ini pastilah bisa berisiko besar menyebabkan cedera otot. upayakan mengawali olahraga dengan pemanasan sekurang-kurangnya mulai lima menit.

2. kerjakan tiga type latihan kardio tiap-tiap minggu
berlari barangkali telah jadi olahraga kardio pilihan anda. tetapi, bila anda mengerjakannya setiap waktu, itu artinya anda senantiasa memakai otot yang sama. ini buat anda berisiko cedera otot berat. kerjakan tiga jenis kardio yang berlainan tiap-tiap minggu, layaknya, bersepeda, hiking, lompat tali, atau berenang.

3. perkuat otot-otot yang lemah
bila sepeda adalah olahraga kardio anda yang utama, bukan hanya tidak mungkin anda mempunyai paha depan sekuat kuda. tetapi, bagaimana dengan lengan anda ? saat otot-otot spesifik anda kuat, lantas otot yang lain lebih lemah, hingga mengakibatkan ketidakseimbangan otot.

waktu otot tidak seimbang, lantas postur tubuh akan jadi kacau. memunculkan tekanan di bagian-bagian tubuh yang rentan menyebabkan cedera. mulai dua minggu, cobalah kerjakan sesi latihan kemampuan. fokus pada bagian-bagian tubuh yang mulai ini tidak memperoleh perhatian waktu olahraga kardio.

4. stretching atau peregangan amat penting
meskipun studi tunjukkan bahwa lakukan peregangan tidak seutuhnya menghindar cedera, sekurang-kurangnya bisa meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan otot. cukup 15 menit peregangan sesudah lakukan latihan kardio telah amat menolong. sebatas, janganlah mengerjakannya dengan berlebihan, sebab bisa menyebabkan cedera dan buat tubuh sakit sesudah olahraga.

5. atur jadwal istirahat
yakinkan anda mempunyai tiga hari waktu istirahat tiap-tiap minggu. sekalipun tidak lakukan olahraga berat atau sebatas lakukan olahraga mudah. dengan istirahat, anda mengasih waktu untuk otot-otot memulihkan diri. ini penting untuk menghindar terjadinya cedera waktu berolahraga lagi. janganlah paksakan olahraga juga waktu anda masih jadi tidak enak badan, tubuh merasa lemah, atau masih sakit.

Ditulis Oleh: Jemmi Mubarok
Artikel Kesehatan Updated at: 19.42

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More